Sabtu, 09 Mei 2015

INDAH KEHIDUPAN

Keindahan, sering diutarakan kepada situasi tertentu, arti kata keindahan yaitu berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Keindahan identik dengan kebenaran, maksudnya adalah sesuatu yang indah selalu mengandung kebenaran. Walaupun kelihatan indah tapi tidak mengandung kebenaran, maka hal itu pada prinsipnya tidak indah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaaan yang enak dipandang, cantik, bagus, benar atau elok. Lalu apa hubungan manusia dan keindahan?

Manusia itu sendiri adalah mahluk yang diciptakan dengan sebaik-baiknya bentuk sehingga manusia sendiri bisa dikatakan sebagai sesuatu yang memiliki keindahan. Lelaki yang tampan memiliki keindahannya sendiri, begitu juga wanita dengan unsur-unsur seperti wajah, bentuk tubuh, maupun kulit. Manusia menikmati keindahan, berarti manusia mempunyai pengalaman keindahan. Pengalaman keindahan biasanya bersifat terlihat (visual) atau terdengar (auditory) walaupun tidak terbatas pada dua bidang tersebut.


Namun keindahan tidak hanya dalam bentuk seorang manusia yang tampan atau cantik. Keindahan dapat diartikan dalam banya persepsi.

Pengelompokan-pengelompokan pengertian keindahan dilihat dari beberapa persepsi tentang keindahan seperti berikut ini :
1. Keindahan adalah sesuatu yang mendatangkan rasa menyenangkan bagi yang melihat (Tolstoy).

2. Keindahan adalah keseluruhan yang merupakan susunan yang teratur dari bagian-bagian yang saling berhubungan satu sarna lain, atau dengan keseluruhan itu sendiri. Atau, beauty is an order of parts in their manual relations and in their relation to the whole (Baumgarten).

3. Yang indah hanyalah yang baik. Jika belum baik ciptaan itu belum indah. Keindahan harus dapat memupuk perasaan moral. Jadi ciptaan-ciptaan yang amoral tidak bisa dikatakan indah, karena tidak dapat digunakan untuk memupuk moral (Sulzer).

4. Keindahan dapat terlepas sama sekali dari kebaikan (Winehelmann).

5. Yang indah adalah yang memiliki proporsi yang harmonis. Karena proporsi yang harmonis itu nyata, maka keindahan itu dapat disamakan dengan kebaikan. Jadi, yang indah adalah nyata dan yang nyata adalah yang baik (Shaftesbury).

6. Keindahan adalah sesuatu yang dapat mendatangkan rasa senang (Hume).

7. Yang indah adalah yang paling banyak mendatangkan rasa senang, dan itu adalah yang dalam waktu sesingkat-singkatnya paling banyak memberikan pengalaman yang menyenangkan (Hemsterhuis).


Di sini saya akan ceritakan kembali tentang seorang anak perempuan yang memandang sebuah keindahan dari sisi yang tidak biasa.
    Ketika ibu saya berkunjung ke rumah, ibu mengajak untuk shopping bersamanya kerana dia menginginkan sepasang baju yang baru.

    Saya sebenarnya tidak suka pergi membeli sesuatu bersama dengan orang lain dan saya bukanlah orang yang sabar tetapi walaupun demikian kami pergi juga ke pusat membeli baju tersebut.

    Kami mengunjungi setiap butik yang menyediakan pakaian wanita dan ibu saya mencoba sehelai demi sehelai pakaian dan mengembalikan semuanya.

    Seiring waktu yang berlalu, saya mulai lelah dan kelihatan jelas kecewa di wajah ibu. Akhirnya pada butik terakhir yang kami kunjungi, ibu saya mencoba satu baju yang sangat cantik.

    Dan kerena ketidak sabaran saya, maka untuk kali  ini saya ikut masuk dan berdiri bersama ibu saya dalam fitting room, saya melihat bagaimana ibu mencoba pakaian tersebut, dan dengan susah mencoba untuk mengenakannya.

    Ternyata tangan-tangannya sudah mulai dilumpuhkan oleh penyakit radang sendi dan sebab itu ibu agak kewalahan melakukannya, seketika ketidaksabaran saya digantikan oleh suatu rasa kasihan yang mendalam kepadanya.

    Saya berbalik pergi dan coba menyembunyikan air mata yang keluar tanpa saya sadari. Setelah saya mendapatkan ketenangan lagi, saya kembali masuk ke fitting room untuk membantu ibu mengenakan pakaiannya.

    Pakaian ini begitu indah, dan ibu membelinya. Shopping kami telah berakhir, tetapi kejadian tersebut terukir dan tidak dapat dilupakan dari ingatan.

    Sepanjang sisa hari itu, pikiran saya tetap saja kembali pada saat berada di dalam fitting room tersebut dan terbayang tangan ibu saya yang sedang berusaha mengenakan pakaiannya.

    Kedua tangan yang penuh dengan kasih, yang pernah menyuapi, memandikan saya, memakaikan baju, membelai dan memeluk saya, dan terlebih dari semuanya, slalu menadah berdoa untuk saya.

    Sekarang tangan itu telah menyentuh hati saya dengan cara yang paling berbekas dalam hati saya.

    Kemudian pada malam harinya, saya pergi ke kamar ibu dan mengambil tangannya, lantas menciumnya dan yang membuatnya terkejut, saya memberitahunya bahwa bagi saya kedua tangan tersebut adalah tangan yang paling indah di dunia ini.

    Saya sangat bersyukur bahwa Tuhan telah membuat saya dapat melihat dengan sejelasnya, betapa bernilai dan berrharganya kasih sayang yang penuh pengorbanan dari seorang ibu.

    Saya hanya dapat berdoa bahwa suatu hari kelak tangan saya dan hati saya akan memiliki keindahannya tersendiri.

    Dunia ini memiliki banyak keajaiban, segala ciptaan Tuhan yang begitu agung, tetapi tak satu pun yang dapat menandingi keindahan tangan Ibu.

Pikiran yang indah akan melihat keindahan. Tuhan menciptakan dunia ini bertaburkan hal-hal indah. - See more at: http://www.bijakkata.com/2014/06/Indah-Keindahan-kata-Mutiara-Bijak.html#sthash.oRpZU7Kd.dpu

Pikiran yang indah akan melihat keindahan. Tuhan menciptakan dunia ini bertaburkan hal-hal indah. - See more at: http://www.bijakkata.com/2014/06/Indah-Keindahan-kata-Mutiara-Bijak.html#sthash.oRpZU7Kd.dpuf
Pikiran yang indah akan melihat keindahan. Tuhan menciptakan dunia ini bertaburkan hal-hal indah. - See more at: http://www.bijakkata.com/2014/06/Indah-Keindahan-kata-Mutiara-Bijak.html#sthash.oRpZU7Kd.dpuf
 Pikiran yang indah akan melihat keindahan. Tuhan menciptakan hidup ini bertabur keindahan, bahkan sesuatu yang mengerikan sekalipun. Seperti bintang, bintang adalah dunia yang panas mambara layaknya neraka, namun jika kita melihatnya dari bumi, ia menjadi benda yang sangat indah. Begitu juga setiap hal yang mengerikan akan terlihat indah jika kita melihatnya dari tempat yang benar serta pikiran yang jernih. Cara anda melihat sesuatu menentukan tingkat keindahan dari sesuatu tersebut.



Refrensi :
https://id-id.facebook.com/notes/terima-kasih-ibu/selingkar-kisah-keindahan-tangan-ibu/10150336242067458
http://oebudhi.blogspot.com/2012/04/manusia-dan-keindahan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAHASA INGGRIS BISNIS 2

TUGAS 3 LISTENING TEST 1. D                   11. C               21. A 2. A                   12. C               22. C 3. D          ...