Rabu, 07 Desember 2016

Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing)

Bahasa
              Bahasa sebagai bagian yang penting dari kehidupan manusia, dalam bentuk tulis dapat merupakan catatan dari pengetahuan yang didapat oleh umat manusia dari satu generasi ke generasi berikutnya sedangkan dalam bentuk lisan merupakan sarana komunikasi antar individu dalam suatu masyarakat.

Bahasa sendiri memliki tujuan yaitu :
1. Sebagai alat komunikasi
2. Sebagai alat pemersatu bangsa
3. Sebagai identitas suatu suku atau bangsa 



Pengolahan Bahasa Alami
            Disingkat PBA atau NLP (natural language processing), adalah cabang ilmu komputer dan linguistik yang mengkaji interaksi antara komputer dengan bahasa (alami) manusia. NLP sering dianggap sebagai cabang dari kecerdasan buatan dan bidang kajiannya bersinggungan dengan linguistik komputasional.

Kajian NLP (natural language processing) antara lain mencakup :
1. Segmentasi Tuturan (speech segmentation) : proses identifikasi batas antara kata, suku kata, atau fonem  pada bahasa alami lisan. Istilah ini digunakan baik bagi proses mental yang dilakukan oleh manusia, maupun proses buatan oleh pemrosesan bahasa alami.


2. Segmentasi Teks (text segmentation) : proses pemisahan teks tertulis menjadi unit makna seperti kata, kalimat, atau topik. 

3. Penandaan Kelas Kata (part-of-speech tagging) : proses penandaan kata pada suatu teks dalam kaitannya dengan suatu kelas kata tertentu berdasarkan definisi dan maknanya hubungannya dengan kata yang mendampingi atau yang terkait dengannya pada suatu frasa, kalimat, atau paragraf. 

4. Pengawataksaan Makna (word sense disambiguation) : masalah terbuka pemrosesan bahasa alami berupa proses identifikasi makna kata polisemi yang digunakan pada suatu kalimat

             Meskipun kajiannya dapat mencakup teks dan tuturan, pemerosesan tuturan (speech processing) telah berkembang menjadi suatu bidang kajian terpisah.

Kategori Aplikasi Bahasa Alami
Beberapa diantara berbagai kategori aplikasi NLP adalah sebagai berikut: 

1. Natural Language Translator, yaitu translator dari satu bahasa alami ke bahasa alami lainnya, misalnya translator bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dsb.

2. Translator bahasa alami ke bahasa buatan, yaitu translator yang mengubah perintah-perintah dalam bahasa alami menjadi bahasa buatan yang dapat dieksekusi oleh mesin atau komputer. Contohnya untuk menghapus semua file, pengguna cukup memberikan perintah ”komputer, tolong hapus semua file !” Translator akan mentranslasikan perintah bahasa alami tersebut menjadi perintah bahasa formal yang dipahami oleh komputer, yaitu ”dir *.* ”.

3. Text Summarization, yaitu suatu sistem yang dapat ”membuat ringkasan” hal-hal yang penting dari suatu wacana yang diberikan.

Aplikasi Pengolahan Bahasa Alami 
1. Text-based application adalah segala macam aplikasi yang melakukan proses terhadap teks tertulis seperti misalnya dokumen, e-mail, buku dan sebagainya. Contoh jenis aplikasi NLP yang berbasis teks :

Machine Translation 
              Program yang mampu mentranslasi kalimat baik berupa teks maupun suara dari satu bahasa alami ke bahasa lainnya. Contoh : Google Translate.



2. Dialogue-based application idealnya melibatkan bahasa lisan atau pengenalan suara, akan tetapi bisa juga memasukan interaksi dialog dengan mengetikkan teks pertanyaan melalui keyboard. Contoh : 

Chatbot
               Chatbot adalah program komputer yang didesain untuk mensimulasikan sebuah percakapan cerdas dengan satu atau lebih pengguna manusia melalui inputan suara atau teks, utamanya digunakan untuk percakapan kecil. Contoh : Cleverbot, SimSimi, dan begobet.




Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemrosesan_bahasa_alami
http://mozictapps.blogspot.co.id/2013/12/natural-language-processing.html
http://tiaistianingsih.blogspot.co.id/2016/12/pengolahan-bahasa-alami-natural_1.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL ANIMASI

APA SIH ANIMASI ITU?           Kata animasi berasal dari kata animation yang berasal dari kata dasar to anime di dalam kamus Indonesi...